Future Video

Thursday 31 May 2012

HIKMAH WUDHU

           Hikmah dalam ibadah wudhu adalah membersihkan anggota badan dan bersihnya badan. Islam itu agama kesucian dan kebersihan. Muslim yang membasuh anggota-anggota badannya setiap kali sebanyak lima kali atau lebih, dia terhindar dari penyakit dan badannya sehabt serta jiwanya semangat.
            Di samping itu wudhu juga menghapus dosa dan kesalahan, sebagai termaktub dalam hadits shahih bahwa Nabi bersabda:
“Apakah kalian tahu seandainya sebuah sungai berada di pintu salah seorang dari kalian dari mana dia mandi setiap hari lima kali, apakah masih ada sesuatu tersisa dari kotorannya?” Para sahabat menjawab: “Tidak ada yang tersisa dari kotorannya”. Nabi bersabda: “Maka itulah perumpamaan shalat lima waktu. Dengannya Allah menghapus kesalahan-kesalahan”1.
            Selain hal di atas, wudhu merupakan nur dan cahaya di hari kiamat bagi mukmin. Dengan nur imani ini Nabi mengenal umatnya, sebagaimana diberitahukan oleh Nabi kepada para sahabat ketika melewati kubur Baqi’. Nabi mengucapkan salam kepada mereka yang dikubur di sana dan mengucapkan: “Salam untuk kalian, hai negeri kaum yang beriman. Dan sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul kalian”. Aku ingin kita melihat saudara-saudara kita.” Para sahabat bertanya: “Bukankah kami saurada-saudaramu, Nabi?” Nabi menjawab: “Kalian adalah sahabatku. Dan saudara-saudara kita adalah orang-orang yang tidak datang sesudahnya.” Para sahabat bertanya: “Bagaimana kami mengenal saudara-saudaramu, wahai Nabi?” Nabi menjawab: “Sesungguhnya mereka datang di hari kiamat dalam keadaan bersinar wajah dan tangannya karena wudhu”2.
Yakni mereka memiliki tanda di wajah mereka dan tangan mereka yaitu cahaya wudhu. Benarlah Allah Yang Maha Besar:
“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka”. (QS Al Hadid 57 : 12)

0 komentar:

Post a Comment

Mobil Bekas
Pasang Iklan Rumah
Kontak Jodoh