Future Video

Saturday 17 July 2010

Muhammad ibn abd al-wahab, Profil dan Sepak Terjangnya

Pada abad ke-12 H atau ke-18 M gerakan salafiyah menguat lagi, kali ini dipelopori oleh muhamad ibn abd wahab (1703-1787 M) yg mengambil basis di nejd arab saudi. Ia bernama lengkap muhamad ibn abd wahab ibn sulaiman ibn 'ali ibn muhammad ibn ahmad ibn rasyid ibn barid an-Najdi at-tamimi. Dia lahir di Uyainah, sebuah desa di Nejd. Tentang daerah nejd yg menjadi tempat kelahiran dan basis pergerakan muhamad ibn abd wahab dan pengikut2nya ini, ada sebuah hadist shohih yg menyatakan bhwa nejd adalah tempat timbul nya segala macam kegoncangan dan berbagai macam fitnah. Dan disana pula akan muncul generasi pengikut setan.

Hadits lengkapnya berbunyi demikian:
عن ابن عمر قال، قال اللهم بارك لنا في شامنا وفي يمننا، قال قالوا وفي نجدنا، قال اللهم بارك لنا في شامنا وفي يمننا، قال قالوا وفي نجدنا، قال قال هناك الزلازل والفتن وبها يطلع قرن الشيطان. (رواه البخاري والترمذي وأحمد)

artinya: dari ibn umar beliau berkata, rosulloh bersabda" ya Alloh. Berkahilah syam dan yaman kami. Mereka memohon. "nejd kami lagi wahai rosul". Nabi menjawab "ya Alloh. Berkahilah syam dan yaman kami. Mereka memohon. "nejd kami lagi wahai rosul". Rosululloh menjawab " di nejd itu tempat nya segala kegoncangan dan berbagai macam fitanah dan disana akan lahir generasi setan" (HR. Bukhari. Tirmidzi. Dan ahmad.
mari qta kmbali pada pembahasan wahabi. Gerakan salafiyah yg dipimpin oleh muhamad ibn abd wahab ini disebut gerakan wahhabiyah atau wahhabi.

Ajaran2 yg dibawa muhamad ibn abd wahab sangat dipengaruhi oleh ajaran2 ibnu taymiah. muhamad ibn abd wahab memang dikenal sebagai pengagum berat ibn taymiah dan muridnya ibnu al Qoyyim al jauziyah. Ibn taymiah dan ibn al Qoyyim bisa dikatakan tokoh paling penting bagi ibn abd wahab dan pengikut2nya hingga kini. Bahkan kitab2 kedua ulama itu bagi kaum wahabi hingga kini merupakan kitab yg sngat agung.
ibn abd wahab bnyak mengkaji karangan2 ibn taymiah. Bahkan, ia sngat hafal sebagian karya ibn taymiah hingga ia mampu menuliskan dgn tanganya secara cermat pemikiran2 ibn taymiah. Lebih dari itu, ia bhkan mampu merealisasikan ide-ide ibn taymiah dlm suatu gerakan politik. Pendek kata, scara keseluruhan ibn abd wahab hanyalah copy-paste dari pemikiran dan ajaran ibn taymiah.

Seperti ibn taymiah, muhamad ibn abd wahab tak henti2nya menyerukan kpada semua orang untuk mengikuti manhaj salaf versinya. Sprti ibn taymiah pula, muhamad ibn abd wahab mengartikan ittiba' salaf sebagai " mengembalikan cara berpikir dan berperilaku umat islam sprti masa salaf dahulu", yg dia konsentrasikan pada empat hal yakni: kembali kpda al qur'an dan sunnah nabi, pemurnian akidah dari syirik, menolak peran akal dlm akidah, dan membersihkan ajaran islam dari segala bentuk bid'ah dan khurafat (tahayul). Namun.. sprti juga ibn taymiah, muhamad ibn abd wahab mendapat tentangan dri masyarakat. Bhkan, penentangan justru datang dari ayah dan saudaranya sendiri yg bernama syekh sulaiman ibn abd al-wahhab. Syekh sulaiman bhkan menulis satu kitab khusus untuk menolak ajaran2 ibn abd wahab yg diberi judul as-shawa'iq al-ilaahiyyah fi al-Radd 'ala al-wahhabiyyah.

Mengetahui ajaran2nya sulit berkembang krna sllu mndapat penentangan, maka muhamad abd al wahab memutuskan bekerjasama dgn muhamad ibn sa'ud, pemimpin dar'iyyah (wilayah teritorial di luar pengawasan kekhilafahan turki usmani). Ibn sa'ud ini merupakan pengikut setia muhamad ibn abd al wahab (kepatuhan demi tjuan politiknya. An-nabhani menceritakan ibn sa'ud slalu mentaati sgala perintah ibn abd al wahab. Bhkan ketika ibn abd al wahab memerintahkan untuk membunuh sseorang atau merampas harta sseorang, ia tak segan2 melakukan perintah ini. Kepatuhan kpada ibn abd al wahab juga di tunjukkan ibn sa'ud dgn mengawinkan putrinya dgn ibn abd al wahab. Kerjasama antara ibn abd al wahab dan ibn sa'ud ini sebenarnya adalah kerjasama yg saling menguntungkan. ibn abd al wahab diuntungkan dgn kekuatan massa yg dimiliki ibn sa'ud. Sedang ibn sa'ud diuntungkan karena dengan dalih pemurnian tauhid yg diusung ibn abd al wahab, ia mempunyai celah untuk menguasai daerah2 hijaz dari tangan turki usmani.

Akhirnya, dengan disokong inggris, ibn abd al wahab dan ibn sa'ud mulai menyusun kekuatan untuk melakukan pemberontakan kpada turki usmani guna merebut wilayah hijaz dan sekitarnya dari tangan syarif husain penguasa hijaz waktu itu.
Inggris memiliki kepentingan dgn membantu wahabi, yakni saat itu mereka sedang terlibat perang dunia I melawan jerman yg bersekutu dgn turki usmani. Karena itu, dgn membantu wahabi setidakanya mereka dpat melemahkan dan memorak-porandakan kekuatan turki usmani di jazirah arab.

Dalah usaha merebut wilayah hijaz dan sekitarnya, ibn sa'ud dan ibn abd al wahab melancarkan serangkaian kekejaman, yakni pembunuhan, pembantain, penghancuran dan perampasan trhadap umat islam. Ribuan korban brjatuhan dri kaum muslim saat penyerbuan kaum wahabi.
Kaum wahabi tak memandang musuhnya, tak peduli itu org tua,wanita,anak2,semua mereka babat. Sejarah menjeritakan smua kekejaman yg mereka lakukan. Salah 1 nya adalah peristiwa perebutan kota thaif.

Ketika kaum wahabi memasuki thaif, scara sporadis mereka menyerang benteng kota. Saat itu, tak satupun dari pnduduk thaif yg mampu membendung serangan kaum wahabi ini. Sbelum wahabi memasuki thaif, beberapa kelompok pnduduk thaif ada yg sudah melarikan diri, namun wahabi mengejar mereka kemudian membantai mereka dgn keji.
Pendudukan thaif oleh wahabi mengalirkan darah ribuan pnduduk. Mereka membunuh org tua,anak2, pejabat, rakyat, bahkan Mereka menyembelih bayi yg berada di gendongan ibunya. Mereka memanjat rumah2 pnduduk lalu membunuh laki2 yg sedang sholat. Sluruh pnduduk thaif tak ada yg tersisa kecuali hnya 27orang yg bersembunyi di dlm bunker. Mereka merampas dan menjarah apa saja yg mereka temukan, baik berupa harta maupun perkakas. Mereka membuang dan membakar kitab2 pdahal di antaranya trdapat mushaf al qur'an, hadis buhari dan muslim, kitab2 fikih dan ribuan kitab lainnya. Mereka menginjak injak kitab dan buku2 agama yg tercecer selama berhari2, tanpa seorang pun yg mampu mencegah kebiadapan mereka. Mereka membumi hanguskan rumah2 pnduduk. Semua kejadian memilukan diatas dicatat oleh az-Zuhawi dan trjadi pda tahun 1217 H. <
Kaum wahabi menganggap segala pembantaian dan kekejaman yg mereka lakukan adalah dlm rangka jihad memerangi orang2 musyrik. Menurut wahabi orang2 islam itu tlah kafir karna tawssul, istihastah, dan lain2. Jdi mereka bukan memerangi org islam, melainkan memerangi kaum musyrikin. Dengan demikian, segala perampasan yg mereka lakukan adalah halal karena merupakan ghanimah atau rampasan perang.<
Dalam usahanya merebut hijaz, kaum wahabi juga menghancurkan makam2 para wali dan sahabat nabi saw. Sekaligus menghancurkan kubah2 yg dibangun di atas makam2 tsbt. Setelah berhasil menguasai hijaz, penghancuran2 trhadap makam2 para wali dan peninggalan2 sjarah islam awal terus dilakukan. Bahkan, kalau tdak ada protes dari umat islam sedunia hampir saja mereka menghancurkan makam nabi muhammad saw yg berada di madinah.

Alasan kaum wahabi menghancurkan makam2 dan tempat2 bersejarah itu sederhana sekali, sesederhana cara berpikir mereka, yakni khawatir akan disembah oleh umat islam. Sebuah alasan berangkat dari pemahaman agama sempit dan picik.

Begitulah, bila fanatisme yg didorong oleh pemahaman sempit terhadap agama telah menguasai seseorang atau sekelompok orang. Tindakan2 pembunuhan trhadap sesama muslim, perampokan, penghancuran, dan tindakan brutal lainnya menjadi legal bagi mereka. Sama persis dgn kaum khawarij ratusan tahun yg lalu.

Ketika hijaz telah berhasil dikuasai kaum wahabi, ibn saud kemudian menobatkan dirinya sbagai raja hijaz dgn muhamad ibn abd al-wahhab sbagai penasihat agama kerajaan.

Daerah yg dikuasai wahabi mula2 adalah bagian timur kemudian melanjutkan pelebaran ke ahsa', bahrain, oman dan sampai perbatasan baghdad dan bashrah di arah utara. Sedangkan di arah barat, mereka menyerang harar, khuyuf dzawat an-Nahil, al-Harbiyah, far'i dan juhainah. Kemudian mereka teruskan dgn penyerangan ke daerah antara madinah, syiria, dan Helb. Mereka menguasai daerah pedesaan di sebelah timur, hijaz, dan kabilah2 di sekitar thaif, kemudian penyerbuan berlanjut ke thaif. Demikian juga, mereka mengadakan invasi ke kabilah2 disekitar makkah dan diakhiri dengan memasuki kota makkah dengan cara damai dan berhasil mengambil alih kekuasaan kota makkah dari tangan syarif husain penguasa hijaz waktu itu.
سبحان ألله لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم. ألله علام الغيوب.
Hanya ini yg mungkin bs sya tuliskan, mudah2an bs bermanfa'at bagi sya dan anda skalian di dunia dan akhirat, bi idznillah wa bi qudrotih wa irodatih insya alloh di kemudian hari, sya akan menuliskan gerakan dan 3 profil pentolannya ulama wahabi yakni.
1.abul aziz ibn abdullah ibn baz
2. Muhamad ibn shalih al -Utsaimin.
3. Nashiruddin al- Albani.

0 komentar:

Post a Comment

Mobil Bekas
Pasang Iklan Rumah
Kontak Jodoh