Future Video

Wednesday, 13 July 2011

HASIL BAHSTUL MASAIL MWC NU KECAMATAN JEKULO

SOAL
1. Suatu contoh AHMAD sakit dan tidak sadar (koma) dirawat dirumah sakit, sudah sekitar 1 bulan masih belum sembuh, sedangkan pihak keluarga sudah putus asa (tidak ada harapan untuk sembuh) dan juga tidak mampu mambayar biaya perawatan di rumah sakit, akhirnya setelah musyawarah keluarga, AHMAD di bawa pulang paksa dan dirawat keluarga di rumah. Setelah sampai rumah akhirnya ahmad meninggal dunia (karena peralatan medis dirumah kurang memadai)
Pertanyaan :

a. Bagaimana hukum pencabutan alat bantu medis untuk mengaktifkan jantung dan paru-paru pasien yang sudah koma sehingga ia meninggal dunia karena pencabutan alat tersebut?

b. Bagaimana hukumnya menghentikan pengobatan karena keterbatasan biaya?
{Ranting Jekulo}

jawaban
a. Bagaimana hukum pencabutan alat bantu medis untuk mengaktifkan jantung dan paru-paru pasien yang sudah koma, sehingga ia meninggal dunia karena pencabutan alat tersebut?
Jawab :

Boleh karena dua alasan:

1- Terapi pengobatan ala medis itu bersifat ظن dan tidak pasti.
Keterangan dari Al Ihya' juz 4 halaman 276:
الفن الرابع فى السعى فى ازالة الضرر كمداواة المرض وامثاله. اعلم ان الاسباب المزيلة للمرض ايضا تنقسم الى مقطوع به كالماء المزيل لضرر العطش والخبز المزيل لضرر الجوع والى مظنون كالفصد والحجامة وشرب الدواء وسائر ابواب الطب اعنى معالجة البرودة بالحرارة والحرارة بالبرودة وهى الاسباب الظاهرة فى الطب والى موهوم كالكى والرقية اما المقطوع فليس من التوكل تركه بل تركه حرام عند خوف الموت واما الموهوم فشرط التوكل تركه اذ به ةصف رسول الله  المتوكلين واقواها الكى ويليه الرقية والطيرة اخر درجاتها والاعتماد عليها والاتكال ايلها غاية التعمق فى ملاحظة الاسباب واما الدرجة المتوسطة وهى المظنونة كالمداواة بالاسباب الظاهرة عند الاطباء ففعله ليس مناقضا للتوكل بخلاف الموهوم

2- Kebebasan dokter dalam bersikap selalu mengantongi izin dari pasien dan keluarganya.

Keterangan dari At Tasyri' Al Jina-i juz 2 halaman 74:
وقد اجتمع الفقهاء على عدم مسؤلية الطبيب اذا ادى عمله الى نتائج ضارة المريض ولكنهم اختلفوا فى تعليل رفع المسؤلية فابو حنيفة يرى ان المسؤلية ترتفع لسببين اولهما الضرورة الاجتماعية ... الى ان قال: ثاينهما اذن المجنى عليه او وليه فاجتماع الاذن مع الضرورة الاجتماعية ادى لرفع المسؤلية ويرى الشافعى ان علة رفع المسؤلية عن الطبيب انه يأتى فعله باذن المجنى عليه وانه يقصد صلاح المفعول ولا يقصد الاضرار به فاذا اجتمع هذان الشرطان كان العمل مباحا للطبيب ونتفت مسؤليته عن العمل اذا كان ما فعله موافقا لما يقول به اهل العلم بضاعة الطب ويتفق رأى احمد مع راى الشافعى اهـ

b. Bagaimana hukumnya menghentikan pengobatan karena keterbatasan biaya?
Jawab:

Diperbolehkan.
Keterangan dari Is'adur Rafiq juz 2 halaman 105.
ومنها (عدم انقاذ) نحو (غريق) معصوم لانه من باب دفع الضرر عن المعصوم وهو واجب على من قدر عليه فيحرم كل من منع المضطر وعدم انقاذ نحو الغريق على من كان قادرا على دفع ضرهما وتركه (من غير عذر) له (فيهما) اى فى ترك دفع ضررهما اما اذا كان غير قادر عليه او له عذر منعه من ذلك فلا يحرم عليه

SOAL
2. Ada tokoh NU Kudus wafat karena masyarakat banyak yang ingin memberi penghormatan sehingga di masjid-masjid diadakan sholat ghoib
Pertanyaan:

a. Bolehkah sholat ghoib dilakukan didesa-desa (kabupaten kudus) contoh Desa Jekulo?
{MWC NU: JEKULO}

JAWABAN
a. Bolehkan shalat ghoib dilakukan di desa-desa (kabupaten Kudus), contoh desa Jekulo?

Jawab:
Boleh, jika jarak antara jenazah dengan orang yang menyalatinya sudah melebihi jarak dekat (فوق حد القرب) yakni sekitar 2,6 kilo meter.
Catatan: Dalam hal ini musyawirin sepakat mengikuti keputusan Munadharah Kudus 2 halaman 68.

Keterangan dari:

a. I'anatut Thalibin juz 2 halaman 132-133:
(وتصح) الصلاة (على) ميت (غائب عن بلد) بان يكون الميت بمحل بعيد عن البلد بحيث لا ينسب اليها عرفا اخذا من قول الزركشى إن خارج السور القريب منه كداخله
(قوله بان يكون الخ) تصوير لغيبته عن البلد وقوله بحيث الخ تصوير للبعيد عن البلد اى ان البعيد مصور بأنه هو الذى لا ينسب الى البلد عرفا بان يكون فوق حد القرب كما يؤخذ من ضبط القرب الآتى

b. Fathul Qadir halaman 5:
فوس هاشمى المحرر زمن المأمون
(Setengah pos : 2.499,975) 499.950 meter
فوس هاشمى عند احمد الحسين
(Setengah pos : 2/640,625 m) 5281,250 meter

SOAL
3. Sekarang ini di beberapa daerah muncul usaha untuk menetapkan arah qiblat masjid dan mushola. Sebagian informasi menunjukkan bahwa arah qiblat di kawasan tertentu mengalami pergeseran karena adanya pergeseran lempengan bumi akibat gempa. Pertanyaan :

1. Wajibkah kita mengubah arah kiblat masjid dan mushola disekitar kita ?
( PR NU : Honggosoco )

JAWABAN
Masalah merubah kiblat imaman dan masjid.

Jawab:
Tak wajib, sebab kata ظن dalam bahasan kitab fikih madzhab Syafii pengertiannya adalah apapun model ijtihad qiblat semuanya bersifat ظن.
Keterangan dari Al Bajuri juz 1 halaman 142:
(قوله استقبال القبلة) اى استقبال عينها لا جهتها على المعتمد فى مذهبنا يقينا فى القرب وظنا فى البعد

SOAL
4. Ada sebuah Maqbaroh dibelakang Masjid, lampu penerangan dan air untuk kegiatan di Maqbaroh tersebut di ambil dari Masjid. Pertanyaan:

A. Bolehkah praktek tersebut ?
( melanjutkan yang karena sempat dipending/ditangguhkan)
{ PR NU:Honggoco}

JAWABAN
Jawab:
Tak boleh.
Keterangan dari I'anatut Thalibin juz 4 halaman 183
وافتى ابن عبد السلام بجواز ايقاد اليسير من المصابيح فيه ليلا احتراما مع خلوه من الناس واعتمده جمع وجزم فى الروضة بحرمة اسراج الخالى قال فى المجموع يحرم اخذ شىء من زيته وشمعه كحصاه وترابه
(قوله يحرم اذخ شىء من زيته وشمعه) اى المسجد اى المختص به يان يكون موقوفا عليه او مملوكا له بهبة او شراء من ريع موقوف على مصالحه واذا اذخ منه ذلك وجه رده




Penanggung Jawab
TEAM BAHSTUL MASAIL MWC NU KECAMATAN JEKULO

0 komentar:

Post a Comment

Mobil Bekas
Pasang Iklan Rumah
Kontak Jodoh