Sabda Nabi : Barang siapa yang mendatangiku dengan tujuan ziarah, yg dia tidak punya keperluan lain, kecuali untuk menziarahiku, maka haq bagi Allah untuk menjadikan aku sebagai orang yang memberinya syafa'at di hari qiyamat (H.R Addaruquthni).
Dari Ibnu Umar, Nabi bersabda : Barang siapa berhaji, lantas kemudian menziarahiku setelah wafatku, maka dia seperti halnya menziarahiku di waktu hidupku (H.R addaruquthny), dari hadits diatas sudah dapat disimpulkan, bahwa kedudukan Rasulullah, sblum dan stelah wafatnya adalah sama, beliau tetap bisa melihat kita umatnya yang menziarahinya, bukti Rosul hidup di dalam quburnya yaitu hadits yang terdapat di kitab Riyadhussholihin pada bab kitabussholah ala Rasulillah, dari Aus bin Aus, Rasulullah bersabda : Sesungguhnya hari yang paling utama diantara hari-hari kalian adalah hari jum'at, maka perbanyaklah membacakan sholawat kepadaku di dalamnya, sesungguhnya sholawat kalian itu dihidangkan kepadaku, para sahabat bertanya : Bagaimana sholawat kami bisa dihidangkan kepadamu wahai Rasulullah bila mana jasadmu telah hancur ( wafat ) ?, Rasulullah bersabda : Sesungguhnya Allah mengharamkan kepada bumi jasad para nabi-nabi. (H.R abu dawud dengan sanad yang shohih), Sudah jelas, jasad Rasulullah tdk rusak dimakan bumi, kok bisa2ya wahaby mau meratakan qubur Rasulullah dengan tanah? Mafi adab! Kmdian hadits berikutnya, drwytkan olh Abu Hurairah, Rasululloh brsabda : Tidak seorangpun yang berkirim salam kepadaku, kecuali Allah akan mengembalikan ruhku, sehingga aku membalas salamnya (H.R Abu Dawud dengan sanad yang shohih), coba qt pikir, Stiap saat pazti ada orang yg brsholawat dan berkirim salam kpd Rosulullah, & saat itu pula , ruh Rosul di kembalikan ke jasadnya yang suci. Bgmn wahaby berkeyakinan, stlh wafatnya, beliau hanya seonggok jasad yg berkalang tanah? Apa wahaby ndak pngn salamnya dijawab oleh Rasulullah? Sehngg orang2 yg mau menziarahi beliau didepan quburnya malah dibentak2 dan diteriak2i syirik oleh muthowe'2 wahaby. Kemudian ayat Al Quran yang menyatakan bahwa Rosulullah kelak akan menjadi saksi bagi umatnya, yaitu albaqarah 143 , "dan demikian (pula) kami telah menjadikan kamu (umat islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar RASUL (MUHAMAD) MENJADI SAKSI ATAS (PERBUATANMU). Rosul menjadi saksi bagi umat islam, karena dari dalam kuburnya pun Rosul melihat kehidupan kita. Apakah yang di saksikan Rosul hanya umat yg beliau jumpai ketika beliau masih hidup?, trs umat mulai generasi tabi'in smpe skrng ini, Rasulullah tdk dpt menjadi saksi? Kalau qt mengikuti faham wahaby, sungguh kasihan umat saat ini. Apalah artinya qt beragama islam, tapi Rasulullah tdk dpt menjadi Saksi atas keislaman qt?.
ROSUL SBG SAKSI BAGI UMATNYA TERTUANG JUGA DI SURAT ANNISA' 41,ANNAHL 84,89, ALHAJJ 87.
Intinya biarpun Rosulullah sdh wafat beliau masih menyaksikan kehidupan ummatnya, dan kelak beliau akan menjadi saksi bg qt umatnya. Itu tdk sangsi lagi bahwa beliau Rasulullah menyaksikan khidpan umatnya di alam kuburnya.
Analisis al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani tentang hadits Ziarah Ke Makam
Nabi SAW dalam kitabnya al-Talkhish al-Habir fi Takhrij Ahadits al-Rafi'i
al-Kabir: 2/568.*
Hadits yang berbunyi:
مَنْ زَارَنِي بَعْدَ مَوْتِي فَكَأَنَّمَا زَارَنِي فِي حَيَاتِي
Dan:
وَمَنْ زَارَ قَبْرِي فَلَهُ الْجَنَّةُ
Dua hadits di atas sanadnya berbeda. Hadits pertama diriwayatkan oleh Imam
al-Daruquthni dari jalur Harun Abi Qaza'ah, dari seorang laki-laki dari
keluarga Hathib, dari Hathib, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: *"Barang
siapa meziarahi aku setelah kematianku, maka seolah-olah ia telah meziarahi
aku ketika aku masih hidup."*
Berikut redaksi lengkap hadits:
سنن الدارقطني - (ج 2 / ص 278)
193 - حدثنا أبو عبيد والقاضي أبو عبد الله وابن مخلد قالوا نا محمد بن الوليد
البسري نا وكيع نا خالد بن أبي خالد وأبو عون عن الشعبي والأسود بن ميمون عن
هارون أبي قزعة عن رجل من آل حاطب عن حاطب قال قال رسول الله صلى الله عليه و
سلم : من زارني بعد موتي فكأنما زارني في حياتي ومن مات بأحد الحرمين بعث من
الآمنين يوم القيامة
*Hadits Pertama*
Dalam sanad hadits tersebut terdapat seorang laki-laki (rawi) yang tidak
diketahui biografinya. Hadits tersebut juga diriwayatkan oleh al-Daruquthni,
al-Thabrani dan al-Fakihani dari jalur Hafs bin Abi Dawud, dari Laits bin
Abi Sulaim, dari Mujahid, dari Ibnu Umar dengan redaksi:
سنن الدارقطني - (ج 2 / ص 278)
192 - حدثنا عبد الله بن محمد بن عبد العزيز نا أبو الربيع الزهراني نا حفص بن
أبي داود عن ليث بن أبي سليم عن مجاهد عن بن عمر قال قال رسول الله صلى الله
عليه و سلم : من حج فزار قبري بعد وفاتي فكأنما زارني في حياتي
المعجم الكبير - (ج 12 / ص 406)
13497 - حدثنا الحسين بن إسحاق التستري ثنا أبو الربيع الزهراني ثنا حفص بن أبي
داود عن ليث عن مجاهد عن ابن عمر : عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : ( من حج
فزار قبري بعد وفاتي كان كمن زارني في حياتي )
أخبار مكة للفاكهي - (ج 3 / ص 5)
901 - حدثني أبو القاسم بن سعيد قال : ثنا سعد قال : ثنا حفص بن سليمان ، عن
ليث ، عن مجاهد ، عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه
وسلم : « من حج فزار قبري بعد وفاتي كان كمن زارني في حياتي »
Juga diriwayatkan oleh Abu Ya'la dalam Musnadnya dan Ibnu 'Addi dalam
al-Kamil:
الكامل في ضعفاء الرجال - (ج 6 / ص 351)
1834 موسى بن هلال ثنا محمد بن موسى الحلواني ثنا محمد بن إسماعيل بن سمرة ثنا
موسى بن هلال عن عبد الله العمري عن نافع عن بن عمر قال قال رسول الله صلى الله
عليه وسلم من زار قبري وجبت له شفاعتي وقد روى غير بن سمرة هذا الحديث عن موسى
بن هلال فقال عن عبيد الله عن نافع عن بن عمر قال وعبد الله أصح ولموسى غير هذا
وأرجو أنه لا بأس به
Imam al-Thabrani juga meriwayatkannya dalam Mu'jam al-Ausat dari jalur
Thariq al-Laitsi bin Binti Laits bin Abi Sulaim dengan redaksi:
المعجم الأوسط - (ج 1 / ص 94)
287 - حدثنا أحمد بن رشدين قال حدثنا علي بن الحسن بن هارون الأنصاري قال حدثني
الليث بن ابنة الليث بن أبي سليم قال حدثتني عائشة ابنة يونس امرأة ليث بن أبي
سليم عن مجاهد عن بن عمر عن النبي قال : من زار قبري بعد موتي كان كمن [ ص 95 ]
زارني في حياتي
وَهَذَانِ الطَّرِيقَانِ ضَعِيفَانِ أَمَّا حَفْصٌ فَهُوَ ابْنُ سُلَيْمَانَ
ضَعِيفُ الْحَدِيثِ وَإِنْ كَانَ أَحْمَدُ قَالَ فِيهِ صَالِحٌ وَأَمَّا
رِوَايَةُ الطَّبَرَانِيِّ فَفِيهَا مَنْ لَا يُعْرَفُ وَرَوَاهُ
الْعُقَيْلِيُّ مِنْ حَدِيثِ ابْنِ عَبَّاسٍ7 وَفِي إسْنَادِهِ
Dua jalur hadits di atas (Riwayat al-Daruquthni dan al-Thabrani) adalah
dloif. Hafsh (Hafsh bin Abi Dawud) adalah Ibnu Sulaiman yang merupakan dloif
al-hadits, walaupun Imam Ahmad mengatakan bahwa ia Shalih.1 Adapun riwayat
al-Thabrani terdapat rawi yang tidak diketahui biografinya. Hadits itu juga
diriwayatkan oleh al-Uqaili dalam *al-Dlu'afa' al-Kabir* dari hadits Ibnu
Abbas dan Ibnu Umar:
الضعفاء الكبير للعقيلي - (ج 7 / ص 223)
1664 - حدثناه سعيد بن محمد الحضرمي ، حدثنا فضالة بن سعيد بن زميل المأربي ،
حدثنا محمد بن يحيى المأربي ، عن ابن جريج ، عن عطاء ، عن ابن عباس قال : قال
رسول الله صلى الله عليه وسلم : « من زارني في مماتي كان كمن زارني في حياتي ،
ومن زارني حتى ينتهي إلى قبري كنت له شهيدا يوم القيامة أو قال : شفيعا » وهذا
يروى بغير هذا الإسناد من طريق أيضا فيه لين
الضعفاء الكبير للعقيلي - (ج 8 / ص 215)
1920 - حدثنا محمد بن عبد الله الحضرمي قال : حدثنا جعفر بن محمد البزوري قال :
حدثنا موسى بن هلال البصري ، عن عبيد الله بن عمر ، عن نافع ، عن ابن عمر قال :
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « من زار قبري فقد وجبت له شفاعتي ».
والرواية في هذا الباب فيها لين
Dalam sanad tersebut terdapat Fadlalah bin Sa'id yang dloif.
*Hadits Kedua*:
Diriwayatkan oleh al-Daruqutni dari jalur Musa bin Hilal al-'Abdi, dari
Ubaidillah bin Umar, dari Nafi', dari Ibnu Umar, dengan redaksi:
سنن الدارقطني - (ج 2 / ص 278)
194 - ثنا القاضي المحاملي نا عبيد الله بن محمد الوراق نا موسى بن هلال العبدي
عن عبيد الله بن عمر عن نافع عن بن عمر قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم
: من زار قبري وجبت له شفاعتي
وَمُوسَى قَالَ أَبُو حَاتِمٍ مَجْهُولٌ أي العدالة [وبقية الإسناد ثقات]2
وَرَوَاهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ فِي صَحِيحِهِ مِنْ طَرِيقِهِ وَقَالَ إنْ صَحَّ
الْخَبَرُ فَإِنَّ فِي الْقَلْبِ مِنْ إسْنَادِهِ3
Abu Hatim mengatakan bahwa Musa bin Hilal adalah Majhul (yakni *majhul
al-adalah*), sedangkan rawi-rawi yang lain adalah tsiqat. Ibnu Khuzaimah
juga meriwayatkan hadits ini dari jalur tersebut.2
Al-Bazzar dalam Kasyf al-Astar juga meriwayatkan dari jalur Zaid bin Aslam,
dari Ibnu Umar sebagaimana yang diungkapkan al-Haitsami dalam Majma'
al-Zawaid. Dalam sanadnya terdapat Abdullah bin Ibrahim al-Ghifari yang
merupakan rawi dloif.
Al-Baihaqi juga meriwayatkannya dari hadits Abi Dawud al-Thayalisi, dari
Sawwar bin Maimun, dari seorang laki-laki dari keluarga Umar, dari Umar
dengan redaksi:
السنن الكبرى للبيهقي وفي ذيله الجوهر النقي - (ج 5 / ص 245)
10572- أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ فُورَكَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ حَبِيبٍ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ حَدَّثَنَا
سَوَّارُ بْنُ مَيْمُونٍ أَبُو الْجَرَّاحِ الْعَبَدِىُّ قَالَ حَدَّثَنِى
رَجُلٌ مِنْ آلِ عُمَرَ عَنْ عُمَرَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ
رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-يَقُولُ :« مَنْ زَارَ قَبْرِى أَوْ
قَالَ مَنْ زَارَنِى كُنْتُ لَهُ شَفِيعًا أَوْ شَهِيدًا وَمَنْ مَاتَ فِى
أَحَدِ الْحَرَمَيْنِ بَعَثَهُ اللَّهُ فِى الآمِنِينَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ».
هَذَا إِسْنَادٌ مَجْهُولٌ.
Lalu al-Baihaqi mengatakan bahwa dalam sanad hadits tersebut terdapat rawi
yang tidak diketahui identitasnya.
Berkaitan dengan hal ini al-Baihaqi dalam Syu'ab al-Iman juga meriwayatkan
hadits dari jalur Muhammad bin Ismail bin Abi Fudaik, dari Abu al-Mutsanna
Sulaiman bin Yazid al-Ka'bi, dari Anas bin Malik sbb:
شعب الإيمان - البيهقي - (ج 3 / ص 489)
4157 - أخبرنا أبو سعيد أبي عمرو نا أبو عبد الله الصفار نا أبو بكر بن أبي
الدنيا حدثني سعيد بن عثمان الجرجاني نا محمد بن إسماعيل بن أبي فديك أخبرني
أبو المثنى سليمان بن يزيد الكعبي عن أنس بن مالك : أن رسول الله صلى الله عليه
و سلم قال :
من زارني بالمدينة محتسبا كنت له شهيدا و شفيعا يوم القيامة
شعب الإيمان - البيهقي - (ج 3 / ص 490)
4158 - أخبرنا أبو عبد الله الحافظ نا علي بن عيسى نا أحمد بن عبدوس بن حمدويه
الصفار النيسابوري نا أيوب بن الحسن نا محمد بن إسماعيل بن أبي فديك بالمدينة
نا سليمان بن يزيد الكعبي عن أنس بن مالك قال : قال رسول الله صلى الله عليه و
سلم :
من مات في أحد الحرمين بعث من الآمنين يوم القيامة و من زارني محتسبا إلى
المدينة كان في جواري يوم القيامة
Setelah menganalisis hadits ini dari berbagai sanad, maka al-Hafidz Ibnu
Hajar menyimpulkan bahwa semua jalur sanad hadits ini adalah dlaif, akan
tetapi Imam Abu Ali bin al-Sakani menshahihkannya dari jalur Ibnu Umar
ketika menuturkannya dalam kitab al-Sunan al-Shihah, lalu Imam Abdul Haq
juga meshahihkannya dalam al-Ahkam al-Wustha. Demikian juga Imam Taqiyuddin
al-Subuki dengan memandang banyaknya jalur.
Maka jelaslah bahwa hadits-hadits tersebut walaupun sanadnya dlaif akan
tetapi saling menguatkan antara satu dengan yang lainnya sehingga naik
statusnya menjadi * hasan lighairih*.
Perlu diketahui bahwa hadits-hadits lain yang derajatnya dibawah *shahih
lidzatihi*, seperti *shahih lighairihi, hasan lidzatihi dan hasan lighairihi
* juga bisa dijadikan sebagai hujjah suatu amalan. Dan kalau kita teliti
bahwa hadits Ziarah Nabi SAW minimal termasuk dalam kategori *hasan
lighairihi* *alladzi yuhtajju bihi*. Imam al-Sakhawi dalam * Fath al-Mughits
*nya berkata: "Sesungguhnya hasan lighairihi disamakan dengan hadits yang
bisa dijadikan sebagai hujjah, akan tetapi hal itu berlaku pada hadits yang
jalurnya banyak. Oleh karena itu Imam Nawawi berkata dalam sebagian hadits:
"Hadits-hadits ini walaupun sanad-sanadnya dlaif, maka berkumpulnya
sanad-sanad tersebut menyebabkan sebagian hadits menguatkan sebagian yang
lain dan jadilah hadits tersebut sebagai hadits hasan yang bisa dijadikan
sebagi hujjah." Imam Nawawi juga berkata:"Hadits dloif ketika jalurnya
terbilang (banyak) maka derajatnya naik dari dlaif menjadi hasan. Maka
jadilah hadits tersebut sebagai hadits yang maqbul (diterima) dan
diamalkan." Hal itu juga telah disampaikan lebih dahulu oleh Imam
al-Baihaqi, beliau menguatkan hadits-hadits dlaif karena berasal dari jalur
yang banyak.(Qawaid al-Tahdits: 1/66)
Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata: "Para Ulama sebelum Imam Tirmidzi
hanya mengklasifikasikan hadits menjadi dua, yaitu shahih dan dhaif.
Sedangkan dlaif menurut mereka terbagi menjadi dua, dlaif yang tidak
dilarang untuk diamalkan dan ini menyerupai hasan menurut istilah Imam
Tirmidzi dan dlaif yang wajib untuk ditinggalkan yaitu *al-wahi* (hadits
yang lemah).( Majmu' Fatawi:18/25, Qawaid al-Tahdits: 1/56).
Hadits *hasan lighairihi* adalah hadits dlaif ketika jalurnya terbilang
(banyak) dan sebab kedlaifannya bukan karena *fasiknya rawi atau dustanya
rawi*. Mengenai hadits-hadits tersebut Imam al-Dhahabi berkata: "Jalur
sanad-sanad hadits tersebut adalah lemah yang sebagian menguatkan terhadap
sebagian yang lain dan para perawinya tidak ada yang dituduh berdusta (*muttaham
bil kidzb*).3 Dari definisi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa hadits
dlaif derajatnya bisa naik menjadi hasan karena dua perkara: 1) diriwayatkan
dari jalur lain satu atau lebih, baik jalur yang lain itu sama kualitasnya
atau lebih kuat. 2) kedlaifan hadits disebabkan adakalanya karena buruknya
hafalan rawi, terputus dari sanadnya atau biografi rawi yang tidak
diketahui.(Taysir Musthalah al-Hadits: 43).
Wahaby lagi-lagi melarang ziarah qubur Rasulullah dengan berdasar pada hadits yang diriwaytkan Abi Hurairah " Jangan kalian jadikan quburku sebagai tempat perayaan, dan bershalawatlah kalian kepadaku dimanapun kalian berada, karena sesungguhnya shalawat kalian itu akan sampai padaku (H.R Abu Dawud dengan sanad yang shohih). Poin yg pertama, Hadits itu bukan larangan mutlak menziarahi Qubur Rasulullah, tapi larangan Su'ul adab dalam menziarahi qubur beliau, sehingga beliau melarang bila quburnya dijadikan tempat perayaan dan bersenang2, adapun adabnya kita menziarahi beliau dengan hati yang tawadhu' dengan berharap beliau menjawab salam kita, dan berharap beliau mendoakan kita, serta berharap beliau menjadi orang yang menjadi syafa'at bagi kita, sebagaimana keterangan hadits diatas yang diriwayatkan Adduruquthni, bahwasanya menziarahi Rasulullah setelah wafat itu sama halnya menziarahi beliau dikala waktu hidup. Poin yang kedua, Hadits itu sebagai penyemangat, supaya kita selalu memanjatkan sholawat kepada beliau, dimanapun qt berada, tidak terkhusus tatkala kita menziarahi beliau, tapi di mana saja dan kapan saja, karena sesuai dengan hadits yang diriwayatkan imam muslim, dari abdullah bin 'amr bin 'ash, Rasulullah bersabda : "Brngsiapa bershalawat kepadaku 1 kali, maka Allah akan membalasnya 10 kali".
Wallahu a'lam bisshawab.. Yarobbi laa taqtho' Rojaanaa Rarobbi balighnaa nazuuruh sholallah alayhi wasallam...
0 komentar:
Post a Comment